Minggu, 02 Maret 2014

Manfaat serbuk kayu

  Dari tahun ke tahun akhirnya limbah kayu tidak menjadi masalah lagi bagi masyarakat yang profesinya pengrajin kayu.Limbah kayu ternyata bermanfaat yaitu bisa dijadikan media tanam.


  Limbah serbuk kayu itu mula-mula dikeringudarakan. Sesudah kering serbuk kayu dicampur dengan  bekatul, kapur lembut, pupuk urea, dan pupuk TSP. Setelah tercampur rata, campuran dibasahi dengan air bersih (bukan air hujan), agar campuran menjadi lembap. Lalu dimasukkan ke dalam kantung plastik 1 kg untuk direbus pada suhu 100 – 115oC selama 8 – 10 jam. Setelah diangkat, media tanam tersebut didinginkan selama satu malam.

  Di ruang steril, ke dalam kantung-kantung “adonan” serbuk kayu ditanam bibit jamur. Ujung plastik yang terbuka ditutup dengan kapas atau gabus. Kantung berisi media tanam dan bibit jamur tadi selanjutnya disimpan di   ruangan bersuhu 24 – 26 oC.

  Sebulan kemudian, kantung akan dipenuhi miselia berwarna putih. Kantung beserta isinya dipindahkan ke ruang berventilasi baik serta bebas dari hujan dan sinar matahari langsung dan salah satu ujung plastik dibelah sekitar 1 cm sebagai tempat munculnya jamur. Setelah sekitar sebulan, jamur siap dipanen. Inilah yang memberi nilai ekonomis dari limbah serbuk kayu.

 Terimakasih atas kunjungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar